TIPS SEDERHANA
UNTUK PARA BIKERS
Tips Cara Memilih Ban Dalam
Paling engga enak kalo lagi enak
jalan - jalan, tiba - tiba ban kempes dan harus ganti ban karena sobek terlalu
lebar karena paku yang besar atau juga karena ban dalam tersebut sudah berumur
bro, nah kalo dalam keadaan seperti ini jangan sampe kita salah pilih ban dalam
bro, karena banyak tambal ban pinggir jalan menjual jenis ban dalam, bila salah
pilih yang ada belom lama bisa kempes lagi dan dorong - dorong lagi.
Ternyata ada dua jenis ban dalam bro yaitu :
1. NR (Natural Rubber)
2. Butyl
Butyl itu ternyata dari bahan polimer, bahan ini punya kelebihan menyimpan angin. Butyl ini kehilangan 4% angin selama 12 hari pemakaian, sedangkan NR itu lebih dari 14% dari 12 hari pemakaian. Kalau untuk pemakaian 28 hari, Butyl kehilangan Cuma 9%, sedangkan NR itu kehilangan 28%. Ban dalam butyl itu bahannya lebih ringan 20% dibandingkan NR. Motor jadi lebih ringan, tarikan enteng dan bensin pun otomatis lebih irit.
Penerimaan tekanan angin butyl itu lebih merata dibandingkan NR. Disebabkan bahan dasar natural rubber itu ga bisa berubah/kaku. Jadi kalo ada bagian ban NR yang lebih tipis permukaannya, maka angin yang tersebar jadi tidak merata bro, kalau butyl tetap merata. Kalau lagi apes bagian yang engga merata itu kena paku, bisa - bisa langsung meledak bahaya banget. Bahan butyl gak langsung meledak karena bila terkena paku angin yang keluar itu perlahan - lahan, itu dikarenakan pembagian angin di bahan butyl itu merata.
Yang penting Cara memilih ban dalam butyl
Lihat garis pada sisi ban, standard internasionalnya ban butyl bergaris biru, kalau selain warna biru berarti NR. Namun biasanya ban dalam yang palsu itu baunya sangat menyengat aroma karet dan bahan kimianya.
Ternyata ada dua jenis ban dalam bro yaitu :
1. NR (Natural Rubber)
2. Butyl
Butyl itu ternyata dari bahan polimer, bahan ini punya kelebihan menyimpan angin. Butyl ini kehilangan 4% angin selama 12 hari pemakaian, sedangkan NR itu lebih dari 14% dari 12 hari pemakaian. Kalau untuk pemakaian 28 hari, Butyl kehilangan Cuma 9%, sedangkan NR itu kehilangan 28%. Ban dalam butyl itu bahannya lebih ringan 20% dibandingkan NR. Motor jadi lebih ringan, tarikan enteng dan bensin pun otomatis lebih irit.
Penerimaan tekanan angin butyl itu lebih merata dibandingkan NR. Disebabkan bahan dasar natural rubber itu ga bisa berubah/kaku. Jadi kalo ada bagian ban NR yang lebih tipis permukaannya, maka angin yang tersebar jadi tidak merata bro, kalau butyl tetap merata. Kalau lagi apes bagian yang engga merata itu kena paku, bisa - bisa langsung meledak bahaya banget. Bahan butyl gak langsung meledak karena bila terkena paku angin yang keluar itu perlahan - lahan, itu dikarenakan pembagian angin di bahan butyl itu merata.
Yang penting Cara memilih ban dalam butyl
Lihat garis pada sisi ban, standard internasionalnya ban butyl bergaris biru, kalau selain warna biru berarti NR. Namun biasanya ban dalam yang palsu itu baunya sangat menyengat aroma karet dan bahan kimianya.
Tips Menyelah Motor
Kita suka menyepelekan hal yang
kecil, menyalakan motor di pagi hari pasti dianggap hal yang remeh, dan banyak juga yang langsung menstater pada saat menyalakannya, padahal
pada disaat pagi hari oli motor yang mengendap semalaman itu belum terlumasi
dengan baik ke bagian - bagian vital seperti piston/seher dan komponen lainnya,
kondisi ini sangat rentan terjadi keausan kepada mesin karena gesekan tersebut
tidak dalam oli yang memadai, oleh sebab itu disaat pagi usahakan jangan
langsung starter electric, sebelum konci kontak ON bro/sist selah perlahan 1
atau 2 kali, manfaatnya agar oli yang mengendap bisa melumasi komponen vital
yang ada di mesin agar tidak terjadi keausan.
Lalu hentakan yang agak kencang untuk menghidupkan motor kemudian blar… blar…blar... lalu panaskan beberapa menit agar oli yang mengendap itu sudah bisa melumasi semua komponen komponen mesin tersebut.
Lalu hentakan yang agak kencang untuk menghidupkan motor kemudian blar… blar…blar... lalu panaskan beberapa menit agar oli yang mengendap itu sudah bisa melumasi semua komponen komponen mesin tersebut.
Tips Membersihkan Tangki Bensin
Semua komponen motor pada dasarnya
membutuhkan perawatan agar bertahan lama dan berumur panjang motor tersebut,
nah disini mau ngebahas sedikit , terkadang motor kita mogok karena lalai
dalam hal perawatan khususnya tangki bensin, karena tangki bensin bisa
menimbulkan karat dan kotor karena ada nya kotoran atau air secara tidak
sengaja masuk kedalam tangki bensin.
Udara dan uap di dalam tangki dapat membentuk embun, dan embun tersebut lama kelamaan akan menimbulkan kotoran atau karat yang ada didalamnya dan bila teralalu lama di biarkan akan terjadi kebocoran.
kuras dahalu tangki bensin motornya tutup lubang outletnya dan isi dengan 1 gelas atau 2 gelas bensin kalo bisa yang oktannya agak tinggi ya bro biar lebih bersih, dan kocak tangki nya beberapa menit lalu buka lubang outletnya dan buang bensinnya, dan bila perlu lakukan 2 sampai 3 kali bro biar cukup bersih tangkinya, lalu pasang kembali tangki bensinnya.
Dan pastikan bensin penuh saat ingin diparkir semalaman, hindari cuci steam yang langsung disemprot ke tangki bensinnya karena tekanan air yang cukup tinggi bisa masuk kedalam tangki melalui tutup tangkinya bro dan lakukan pengurasan secara berkala per-6 bulan sekali untuk memastikan tidak ada unsur air di dalam tangki motornya, karet tutup tangki disarankan ganti juga sudah melar atau sudah merasa tidak menutup rapat lagi.
Udara dan uap di dalam tangki dapat membentuk embun, dan embun tersebut lama kelamaan akan menimbulkan kotoran atau karat yang ada didalamnya dan bila teralalu lama di biarkan akan terjadi kebocoran.
kuras dahalu tangki bensin motornya tutup lubang outletnya dan isi dengan 1 gelas atau 2 gelas bensin kalo bisa yang oktannya agak tinggi ya bro biar lebih bersih, dan kocak tangki nya beberapa menit lalu buka lubang outletnya dan buang bensinnya, dan bila perlu lakukan 2 sampai 3 kali bro biar cukup bersih tangkinya, lalu pasang kembali tangki bensinnya.
Dan pastikan bensin penuh saat ingin diparkir semalaman, hindari cuci steam yang langsung disemprot ke tangki bensinnya karena tekanan air yang cukup tinggi bisa masuk kedalam tangki melalui tutup tangkinya bro dan lakukan pengurasan secara berkala per-6 bulan sekali untuk memastikan tidak ada unsur air di dalam tangki motornya, karet tutup tangki disarankan ganti juga sudah melar atau sudah merasa tidak menutup rapat lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar